Pengertian dan Manfaat Backlink pada blog

Apa kabar sobat blogger ? Pengertian dan manfaat backlink pada blog – Mungkin dari sebagian sobat blogger tidak asing lagi dengan kata backlink. Kata Backlink berasal dari bahasa Inggris yaitu Back dan link. Back mempunyai arti kembali atau timbal balik sedangkan link mempunyai arti tautan atau menyambung. Bisa sedikit disimpulkan kalau backlink adalah suatu hubungan timbal balik yang berupa alamat situs satu dengan situs yang lain. Kalau di tinjau dari pendapat saya sendiri pengertian backlink adalah link yang terdapat di blog atau situs lain yang langsung mengarah atau menuju keblog kita.
Pengertian+dan+manfaat+backlink.jpg
Di kalangan blogger backlink sangatlah penting untuk kemajuan blog mereka, begitu juga dengan saya. Banyak blogger yang berusaha untuk mengumpulkan banyak backlink karena memang sangat banyak sekali manfaat backlink untuk blog. Berikut ini adalah beberapa manfaat backlink untuk blog.

1. Membantu mengoptimalkan SEO Off Page . Hal ini sangatlah jelas karena banyaknya jumlah backlink adalah salah satu dari optimasi SEO Off Page. Yang bisa membantu dan mendukung blog menjadi populer di mata search engine.
2. Mengoptimalkan peringkat di SERP . Tidak heran jika backlink masuk dalam salah satu optimasi SEO Off Page. Karena Semakin banyak jumlah yang dimiliki sebuah blog maka akan semakin meningkat dan kokoh di SERP.
3. Meningkatkan popularitas blog di mata search engine . Seperti yang saya tulis pada poin sebelumnya. Blog akan semakin populer di mata search engine jika sebuah blog mempunyai banyak backlink.
4. Bisa mendapat dan meningkatkan PageRank . Bukan tidak mungkin jika sebuah blog sudah mempunyai popularitas di mata search engine dan menjadi pertama di SERP. Karena jika kuantitas dan kualitas backlink sudah di miliki sebuah blog maka bisa saja blog tersebut akan diberi kepercayaan PageRank. Dan juga bisa meningkatkan PageRank bagi yang sudah berpagerank.

Jadi, janganlah sobat heran bila ada seorang blogger yang mencari backlink secara membabi buta karena manfaat backlink memang sangat banyak dan penting. Tetapi sebenarnya tidaklah baik jika seorang blogger mencari backlink secara berlebihan. Asalkan sobat tau saja kalau mencari backlink secara berlebihan justu tidaklah baik untuk blog. Malah bisa berakibat fatal bila mencari backlink untuk blog secara berlebihan karena akan di anggap spam oleh Google dan Google sangat benci sekali dengan yang namanya spam. Bisa jadi blog sobat bisa di hapus atau di banned (saya sendiri belum tau apa itu banned) oleh Google.

Selain pengertian dan manfaat backlink , saya akan sedikit sedikit tambahan. Bahwa backlink juga memiliki beberapa jenis. Secara umum backlink ada dua jenis yaitu Dofollow dan Nofollow. Sebenarnya saya kurang begitu tau tentang pengertian dua jenis backlink tersebut. Mungkin akan saya update lagi postingan ini bila saya sudah tau lebih lanjut tentang backlink dofollow dan nofollow. Atau sobat bisa cari di Google karena sudah banyak yang mempublikasikannya.

Mungkin itu saja sob yang saya tau dan dapat saya bagikan untuk sobat blogger tentang pengertian dan manfaat backlink untuk blog . Karena saya sendiri pun masih dalam proses pembelajaran. Semoga membantu dan bermanfaat. SALAM Blogging Magazine.

30 thoughts on “Pengertian dan Manfaat Backlink pada blog”

  1. Backlink hanya salah satu faktor dari ratusan alogaritma google dalam menilai sebuah situs. Dan backlink pula lah salah satu faktor yang paling ketat diawasi oleh google. Ketidakpahaman kita membangun backlink bisa membuat blog kita sendiri tenggelam.

    Akan lebih baik dan lebih aman jika kita memikirkan konten. Sebab inilah yang dicari pengunjung dari suatu blog. Lagi pula cara ini juga sangat disukai google. Nice info Mas Muhamad Nuhan Nahidl. πŸ˜€

  2. Jadi kalo kebanyakan backlink nggak bagus juga ya?
    Saya masih kurang begitu paham backlink-backlink kaya gini, hehe.
    Rutin bikin postingan & blogwalking aja buat narik pengunjung. πŸ™‚

    1. Menambahi saja sob… Backlink memang sedikit diperlukan tapi jangan terlalu sering dan terlalu banyak melakukan optimasi pd blog. Contohnya beberapa artikel saya malah banyak yg turun serp & hilang dr peredaran gara2 dulu saya terlalu sering mengoptimasinya (dummy blog,koment,via forum,nyepam,dsb)
      Yang terpenting adalah tetap konsen terhadap artikel… Klo ingin tanam backlink harus hati2 posisikan pd tempat yg sesuai dan beri anchor yg ingin km targetkan. Hanya saran aja dr blogger newbie πŸ™‚

  3. begitu pentingnya backlink bagi seorang blogger, klo menurut saya dengan sering berkomentar di blog sahabat, bisa menambah backlink. terlepas backlink tersebut berkualitas atau tidak, setidaknya trafic blog dan silaturahmi jalan terus, terima kasih infonya mas Nuhan

  4. Cara saya cari backlink adalah dari sosial bookmark,berkunjung & bersahabat di blog yg sudah punya nama seperti blog mas ini,pelan2 tapi pasti hehe

  5. Makasih atas informasinya jadinya saya akan lebih semangat untuk mencari backlink berkualitas biar blog lebih SEO dan bisa agar artikel bertahan di Serp Google.

Leave a Reply

