5 hambatan saya ngeblog

Assalamualaikum

Berasal dari renungan tadi malam saya mendapatkan ide postingan ini. Yang datangnya tiba-tiba tanpa diduga oleh saya. Dan saya pun sampai heran dapat ide untuk membuat postingan bisa mendadak. Tidak membuang-buang waktu saya langsung tulis di buku. Ya walaupun postingan kali ini tidak begitu heboh, karena hanya sekedar berbagi hal yang mungkin tidak penting untuk sobat blogger. Berikut ini hambatan saya sejak awal ngeblog hingga sekarang.

  1. Minim pengalaman dan pengetahuan
    Bisa dibilang pengalaman dan pengetahun saya belum punya dalam dunia blogging. Karena saya baru mulai mengenal kegiatan ngeblog pada bulan April lalu, itu pun sekedar iseng-iseng saja. Sedangkan saya baru serius ngeblog pada bulan Agustus kemarin. Jadi pengalaman dan pengetahuan ngeblognya bisa di ibaratkan masih mulai melangkah. Dan hal tersebutlah yang menjadi salah satu hambatan saya untuk ngeblog.
  2. Koneksi internet yang tidak mendukung
    Ngeblog adalah kegiatan yang sangat bergantung sekali dengan internet. Ngeblog tidak akan berjalan jika tidak ada konksi internet. Koneksi internet di daerah saya mungkin bisa di bilang tidak begitu mendukung . Pasalnya daerah saya masih dalam lingkup pedesaan yang plosok. Walaupun fasilitas di daerah saya sudah mulai meningkat seperti pasar, warnet, dan menara/tower yang mulai banyak ditemui. Tetapi heranya kenapa koneksi internetnya tidak berkembang dengan baik. Walaupun begitu, di dalam hati saya pun ada rasa syukur daerah saya masih lebih baik di bandingkan daerah lain yang lebih plosok. Karena masih banyak teman dan saudara kita yang malah belum di fasilitasi listrik di daerah mereka apalagi kalau untuk koneksi internet.
  3. Waktu yang tidak mencukupi
    Mungkin hambatan yang satu ini tidak hanya saya saja. Karena banyak sekali saya membaca artikel yang menyatakan kalau waktu untuk ngeblog sangat sedikit dan tidak memadai. Kegiatan di dunia nyata adalah yang paling dominan dan penting. Dan juga para blogger lebih banyak menggunakan waktunya di dunia nyata. Jadi di dunia maya atau dunia Blogging hanya mendapatkan sisa-sisa waktu dari dunia nyata saja. Untuk itu waktu yang tidak mencukupi adalah hambatan yang cukup pelik saya rasakan.
  4. Perangkat yang tidak mendukung
    Pada point kali ini mungkin tidak banyak orang yang mengalaminya. Kalau sebenarnya ini bukan termasuk dalam hambatan, karena ini menurut saya lebih ke tantangan ngeblog. Karena menjadi seorang blogger yang bersenjatakan mobile atau handphone kadang bisa di bilang tersiksa dan juga bisa di bilang mengasikan. Itu semua bersifat relatif, tinggal pribadinya saja. Dan untuk saya sendiri ngeblog lewat handphone itu adalah hal yang sudah biasa, tetapi kadang-kadang juga sangat menjengkelkan, karena waktu lagi asik-asiknya blogwalking dan koneksi internet lagi lancar malah handphonnya mati, heng, dan blank tanpa sebab yang tidak jelas.
  5. Sifat malas
    Mungkin point yang terakhir ini tidak perlu saya jelaskan panjang lebar, karena saya yakin sobat blogger juga mempunyai masalah ngeblog yang satu ini. Dan juga hambatan yang satu ini hanya bisa diselesaikan oleh pribadi masing-masing.

Demikanlah sob, beberapa point atau hambatan yang saya alami dalam ngeblog. Sebenarnya masih banyak hal yang menghambat kegiatan saya dalam ngeblog. Atau mungkin sobat punya hambatan tersendiri dalam ngeblog ? Jangan ragu untuk berbagi pengalaman sobat. Sekian dari saya Terima Kasih dan Wassalamualaikum…

Baca juga :

29 thoughts on “5 hambatan saya ngeblog”

    1. Biasanya kalau bingung membuat postingan…. perbanyak membaca gan…. entah membaca, buku, novel, cerpen dan artikel blog lain. Mungkin membuat postingan akan lebih mudah.

  1. Poin 1 dan 2 itu juga yang menjadi kendala saya waktu baru barunya belajar ngeblog Mas, namun dengan semangat ingin tau dan rasa penasaran yang besar akhirnya masalah tersebut dapat teratasi sekarang, dan hanya tinggal poin 1 saja yang masih belum begitu memadai bagi saya.

Leave a Reply

