Pengorbanan seorang blogger

Assalamualaikum…
Apa kabar sobat blogger…. Di dalam kehidupan yang berjalan dengan baik pasti selalu ada yang namanya pengorbanan. Semua kegiatan atau pekerjaan di dunia ini pasti ada pengorbanan. Begitu juga dengan kegiatan ngeblog atau blogging yang sangat menyenangkan dan yang sering kita lakukan sebagai seorang blogger. Entah pengorbanan apa saja yang di rasakan oleh setiap blogger di dunia blogging. Setiap atau semua blogger mempunyai pengorbanan yang berbeda-beda untuk kegiatan ngeblog mereka. Sobat pasti sudah tau, jika kita ingin mendapatkan sebuah kesuksesan sangatlah dibutuhkan pengorbanan yang tidak sedikit dan kecil. Kita bisa berkaca pada pengalaman dan perjalanan para blogger sukses yang di mulai dari 0 (nol) dan banyak menemui halang dan rintangan yang begitu besar untuk dihadapi tidak hanya membutuhkan pengorbanan kecil, tetapi pengorbanan yang sangat-sangat besar.

Berikut adalah pengorbanan seorang blogger yang banyak saya ambil dari pengalaman saya sendiri dan dari blogger lain.

  1. Pengorbanan waktu adalah pengorbanan yang dilakukan oleh semua blogger. Hal ini sangatlah jelas dan menjadi salah satu rahasia umum semua blogger. Dari pengorbanan waktu belajar yang digunakan untuk ngeblog yang biasa dilakukan oleh setiap blogger terutama blogger yang masih berstatus pelajar seperti admin blog ini.
    Pengorbanan waktu istirahat adalah pengorbanan yang sering dilakukan setiap blogger salah satu contohnya ketika waktu malam yang seharusnya tidur justru di pergunakan untuk kegiatan ngeblog. Hal seperti itu sering sekali saya lakukan walaupun orang tua salalu melarang. Tetapi mau bagaimana lagi karena waktu luang saya yang paling tepat pada jam-jam malam. Jadi memang sangatlah benar jika ngeblog itu selalu mengorbankan waktu yang kita miliki sebagai blogger.
  2. Pengorbanan bersama teman hampir seperti pengorbanan waktu dalam kegiatan ngeblog. Dulu sebelum mengenal kegiatan ngeblog dan dunia blogging, saya sebagai seorang remaja yang bisa di bilang sangat akrab sekali dengan semua teman saya. Pernah suatu hari saya di bilang (tukang ngeluyur ora ngerti wayah artinya sukanya main tidak tau waktu) dan saya sering dipanggil si bolang karena sukanya main terus. Tetapi semua itu berhenti seketika saat saya mengenal kegiatan ngeblog dan dunia blogging. Semua tetangga dan teman saya bertanya-tanya ada apa dengan saya, karena kerjaan saya cuma di rumah dan hanya menatap layar hp java saya setiap waktu. Seiring waktu berjalan saya pun sangat jarang sekali kumpul-kumpul bersama teman. Saya merasa seperti orang asing di desa saya sendiri. Dan saya sangat merasakan sekali pengorbanan yang saya lakukan untuk dunia blogging sangatlah besar.
  3. Pengorbanan materi mungkin adalah pengorbanan yang sangat jelas sekali. Semua blogger pasti melakukan pengorbanan yang satu ini. Untuk saya sendiri pun sudah banyak mengeluarkan dan mengorbankan untuk kegiatan ngeblog contohnya seperti biaya untuk kewarnet yang sudah tidak terhitung berapa kali, lalu untuk akses internet via hp yang membutuhkan pulsa yang tidak sedikit dan tidak hanya sekali.

Jadi, bisa kita sedikit kita simpulkan dari 3 pengorbanan seorang blogger diatas bahwa ngeblog bukanlah sekedar kegiatan yang sepele, karena kegiatan ngeblog membutuhkan pengorbanan yang banyak dan sangat besar. Dan tujuan postingan ini adalah untuk memotivasi sobat blogger agar selalu semangat ngeblog karena sudah banyak dan besar sekali pengorbanan yang kita lakukan untuk kegiatan ngeblog di dunia blogging. Dan jangan sampai pengorbanan yang kita lalukan sebanyak dan selama ini berakhir sia-sia karena kemalasan dan kejenuhan sobat dalam melakukan kegiatan ngeblog.

Demikianlah sedikit postingan yang dapat saya tulis untuk kesempatan ini. Semoga bermanfaat…. sekian dan Wassalamualaikum…
Baca juga :

10 thoughts on “Pengorbanan seorang blogger”

  1. Iya, dan itu gak banyak orang tau. Orang cuma tau blogger itu kerjaannya nulis di internet. Persepsi yang salah menurut gue sih. Lagian, orang gak akan benar – benar mengerti sebelum dia merasakannya.

Leave a Reply

